kursor1

bergugurn

Thursday, April 5, 2012

RESUME KELOMPOK 10, 11, 12 Jam 10.45

Kelompok 10: PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM EGOVERNMENT
Pemanfaatan egovernment :  Saat ini perkembanganteknologi Internet sudah mencapai perkembangan yangsangat pesat. Aplikasi Internet sudah digunakan untuk e-commerce dan berkembang kepada pemakaian aplikasiInternet pada lingkungan pemerintahan yang dikenal dengane-government.
KONSEP eGOVERMENT ada 3 : 
G2C-government to citizens,G2B-government to business
enterprises,Government to Employees (G2E. 
Manfaat egovernment : Merupakan suatu mekanisme interaksi baru (moderen)antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder);dimana
Melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet); dengan tujuan
Memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan yang selama berjalan. Aplikasi komputerdipemerintahan: Aplikasi kepegawaian,Aplikasi di pemerintahan daerah,Surat tanda nomor kendaraan   bermotor (STNK).
Hambatan Mengimplementasikan E‑Government  :
•Kultur berbagi belum ada.
•Kultur mendokumentasi belum lazim.
•Langkanya Sumber Daya Manusia yang handal.
•Infrastruktur yang belum memadai dan mahal.
Tempat akses yang terbatas
Hal‑hal yang Perlu Diingat dalam Penerapan E‑Government: Komitmen dan kesiapandari pihak pemerintah daerah itu sendiri dalam membangun dan melaksanakan systemE‑Government, serta membutuhkan dukungan dari pihak yang terkait,Tekad dankemauan dari pihak Pemda beserta seluruh jajarannya untuk memperbaiki systemadministrasi (manual) yang ada saat ini.
Keterbukaan dari pihak Pemda dan seluruh jajarannya untuk menerima danmempelajari kemajuan teknologi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dilingkungannya masing‑masing
Kelompok 11:  KONSEP DAN MISI DARI E-GOVERMENT DAN APLIKASINYA


1. Definisi Lembaga dan Institusi Non-Pemerintah 
Pertama-tama marilah dikaji terlebih dahulu bagaimana lembaga-lembaga non-pemerintah memandang ruang lingkup dan domain dari e-Government. Bank Dunia (World Bank) mendefinisikan e-Government sebagai berikut: E-Government mengarahkan untuk penggunakan TI oleh semua agen pemerintahaan (seperti WAN, internet, mobile computing) yang mempunyai kemampuan untuk mengubah hubungan dengan masyarakat, bisnis, dan pihak yang terkait dengan pemerintahan Di sisi lain, UNDP (United Nation Development Programme) dalam suatu kesempatan mendefinisikannya secara lebih sederhana, yaitu:
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT- Information and Communicat-ion Technology) oleh pihak pemerintahan. 
2. Definisi Beragam Pemerintahan
Setelah melihat bagaimana lembaga-lembaga atau institusi-institusi mendefinisikan e-Government, ada baiknya dikaji pula bagaimana sebuah pemerintahan menggambarkannya.
Pemerintah Federal Amerika Serikat mendefinisikan e-Government, yaitu:
E-Government mengacu kepada penyampaian informasi dan pelayanan online pemerintahan melalui internet atau media digital lainnya. 
 Manfaat E-Government
Tanpa mengecilkan arti dari beragam contoh definisi yang telah dipaparkan sebelumnya, setidak-tidaknya ada tiga kesamaan karakteristik dari setiap definisi e-Government, yaitu masing-masing adalah: Merupakan suatu mekanisme interaksi baru (moderen) antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder); dimana Melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet); dengan tujuan.Kelebihan E-Government :
- selain tampilan dan paduan warna yang menarik, informasi-infromasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.
- Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air.
- Website ini mencakup banyak aspek seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan, dan sebagainya.
- Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.
Kekurangan E-Government:
- Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e-government dibuat untuk saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.
Meuthia-Ganie Rachman (2000),    bahwa    good     governance mempunyai indikator-indikator sebagai berikut:
1. Penjamin situasi keterbukaan (transparancy)
2. Pertanggungjawaban publik (public accountability) dan,
3. Kontrol dalam proses ekonomi maupun politik
Pemerintahan yang baik (good governance) merupakan issu yang paling    dikedepankan dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini. Tuntutan gencar     yang dilakukan  oleh  masyarakat  kepada  pemerintah  untuk  melaksanakan    penyelenggaraan pemerintah yang baik adalah sejalan dengan meningkatnya tingkat     pengetahuan masyarakat, disamping adanya pengaruh globalisasi. Secara umum    good governance mengandung unsur utama yang terdiri dari akuntabilitas,    transparansi, keterbukaan dan aturan hukum (Karhi Nisjar 1997). 
APLIKASI KOMPUTER DI PEMERINTAHAN Berikut ini adalah jenis –jenis aplikasi yang penting yang menunjang kegiatan-kegiatan pemerintahan secara langsung baik yang bersifat operasional maupun yang mengarah kepada terciptanya kebijakan-kebijakan dalam masalah kenegaraan, Aplikasi kepegawaian Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) adalah badan yang mengadministrasikan seluruh data kepegawaian. Aplikasi pengolahan datanya meliputi : kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, penentuan masa pensiun.   Aplikasi di pemerintahan daerah Aplikasi komputer yang digunakan meliputi : bidang kependudukan (KTP), kepegawaian tingkat daerah, pajak-pajak daerah, perumahan dan lalu lintas.


Kelompok 12:  ISU SOSIAL DAN MASALAH KOMPUTER DALAM PEMERINTAHAN.


 Masalah muncul sisial bahasa Dari transformasi sisial Dan kontradiksi.Masalah sosial menimbulkan kendala bagi upliftment masyarakat dan kemajuan ekonominya. Masalah sisial menimbulkan kendala upliftment * Bagi Masyarakat Dan kemajuan ekonominyaMelalui upaya yang dilakukan di tingkat mikro oleh organisasi sukarela, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), usaha pribadi dan upaya yang dilakukan di tingkat makro oleh pemerintah, masalah sosial seperti kekejaman terhadap perempuan dalam bentuk satimahar dll masalah pengangguran dankemiskinan, masalah kasta dan komunalisme dll dapat diatasiCanada produksi upaya Yang dilakukan di tingkat mikro Dibuat OrganisasiSukarela, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), sales Pribadi Dan upayaYang dilakukan di tingkat makro Oleh pemerintahmasalah sisial saling melengkapi kekejaman terhadap Perempuan dalam bentuk sati, Mahar dllmasalah pengangguran Dan kemiskinanmasalah Kasta Dan komunalismedll dapat diatasiDitetapkan secara lebih rinci, masalah sosial adalah:Ditetapkan secara lebih rincimasalah sisial adalah:

1. 1. Sebuah kondisinyata maupun tidak. Sebuah kondisiNyata maupunMEDIA NUSANTARA.  
2. 2. Dinilai tidak diinginkan oleh sebagian besar anggota komunitas.Dinilai MEDIA NUSANTARA diinginkan Oleh sebagian Besar anggotaKomunitas.

3. 3. Dianggap mampu perbaikan melalui aksi masyarakatDianggapMampu perbaikan Canada produksi Aksi Masyarakat.

4. 4. Tentang yang ada kontroversi besar atas apa yang norma-norma baru yang akan diadopsi. Tentang Yang ADA kontroversi Besar Atas APA Yangnorma-norma Baru Yang Akan diadopsi.

No comments:

Post a Comment