kursor1

bergugurn

Friday, March 30, 2012

Resume KEL 7 dan 9 Jam 10.45

Kelompok 7 Perkembangan Teknologi Robot 


Kata robot sendiri, diperkenalkan oleh seorang penulis sains-fiksi berkebangsaan Ceko (Czech), Karel Capek (9 Januari 1890-25 Desember 1938) pada tahun 1920an. Robot sendiri, menurut Karel Capek, bukanlah pengertian "robot" yang seperti kita kenal sekarang ini.  Sejarah Robot: Tahun 1770 : Pada tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan swiss membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik dan orgen, dan yang ketiga dapat menggambar.Sejarah Robot: Tahun 1898 : Pada tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui radio remote control, dan didemokan di Madison Square Garden.
Sejarah Robot: Tahun 1970 : Awal kejayaan robot pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas Stanford mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya dikenal sebagai standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda memamerkan robot yang dibangun bertahun – tahun lamanya bernama Asimo, serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.Robot Berkaki : Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot Humanoid : Robot yang miliki kemampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak. Robot humanoid umumnya memiliki tubuh dengan kepala, dua lengan ,dua kaki ,memiliki wajah, dengan mata dan mulut. Robot ini yang banyak diperbincangkan di masa depan. Sudah banyak film-film  “Fiksi Ilmiah” robot seperti Transformer, Robocop, I Robot dll yang artinya hal yang tidak mungkin terjadi. Namun kenyataan bukan tidak mungkin  pada 2020 atau masa depan semua robot-robot yang terdapat di film itu menjadi kenyataan.

Kelompok 9 Robot Dalam Industri 

PENGERTIAN ROBOT
Menurut Robot Institute of America (1979) :
Robot adalah lengan manipulator berfungsi jamak yang dapat diprogram untuk mengoperasikan bahan-bahan, suku cadang, peralatan atau alat industri lainnya malalui berbagai program pergerakan untuk melaksanakan berbagai macam tugasMenurut laporan dari Robert H. Hayes (Harvard Business School : Jepang berhasil karena gaya manajemen yang tangguh dan kualitas pengendalian yang prima .Robot ditemani dengan pekerja-pekerja yang terampil dan ahli sehingga hasil produksinya menjadi lebih baik. Adanya tradisi yang kuat untuk bekerja sama antara perusahaan, pekerja dan pemerintah menurut Peter F. Drucker :
keberhasilan Jepang dikarenakan mereka benar-benar mencurahkan seluruh pemikirannya untuk mengelola perusahaan - perusahaan mereka yang besar dan rumitSTRUKTUR ROBOT dan PEMROGRAMANNYA : Robot industri pada umumnya terdiri dari :
♦ sebuah bangunan besar dan kokoh dengan beberapa lengan yang keluar
♦ lengannya terdiri dari : penjepit, sensor, peralatan pada ujung lengan dan dapat digerakkan dengan leluasa.
Jenis robot Servo :
 Titik ke titik (point to point)
 Jalur menerus (continuous path)
Kelebihan dari robot servo :
Point to point
 jalur terhubung menurut garis lurus
 pengecatan titik dan garis, mengelas dan membor, merakit dan menangani suku cadang
Continuous path
 mampu untuk bergerak melingkar, memerlukan memori
 dipergunakan untuk aplikasi yang bergerak melingkar, pengelasan dan pengecatan
Metode pemrograman robot non servo :
 tugas dirinci kepada beberapa langkah kecil
 mengatur motor dan menentukan titik pemberhentian menurut urutan gerak yang ditentukan 
APLIKASI ROBOT
penggunaan robot di industri berbeda - beda. robot mengambil alih sebagian dari fungsi pada jalur produksi khususnya pada jalur perakitan yang secara langsung mengancam golongan buruh dan teknisi.
Beberapa aplikasi robot pada jalur perakitan :
 Pengelasan
pengelasan titik dan pengelasan bentuk lain
 Pengecatan
pengecatan semprot untuk badan mobil dan bagian mobil lainnya
 Perakitan
perakitan komponen pesawat terbang dan bagian bagian lainnya
 Permesinan
penghalusan plat logam, pembuatan sayap rudal
 Penanganan material
penumpukan suku cadang mobil dan penghantarannya 
Robotic Industries Association (RAI) mengusulkan seperangkat bakuan industri yang baru untuk melindungi manusia dari kemungkinan 'gangguan' robot yang isinya :
 jangan bekerja di sekitar robot. ketika robot sedang beroperasi
 adanya pengaman khusus yang memungkinkan robot berhenti bila terjadi hal - hal yang tidak diperhitungkan
 penambahan sensor
Beberapa istilah pokok aplikasi komputer di industri : 
 CAD (Computer Aided Design)
 berfungsi sebagai meja gambar elektronik untuk para perancang dan juru gambar
 aplikasinya industri : penerbangan, mobil
 Software : Adobe Photoshop, CorelDraw
 CAM (Computer Aided Manufacturing)
 termasuk pada jenis alat untuk otomasi manufaktur yang digunakan pada lantai produksi
 aplikasinya industri : robot
 Software : AutoCAD






No comments:

Post a Comment