kursor1

bergugurn

Wednesday, December 29, 2010

"TUGAS PTI BAB 9 - Jaringan Komputer"

1.Jelaskan Manfaat dan tujuan di buatnya jaringan komputer ?
Jawab::
Manfaat dibuatnya jaringan komputer : 
- Media Komunikasi 
Jaringan komputer digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna, baik untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. 
- Integrasi Data 
Karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
- Keamanan Data 
Sistem di dalam jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Agar tidak terjadi kebocoran data yang menyebabkan data tidak aman., sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif. 
- Sharing resources 
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
- Sumber Daya Lebih Efisien dan Terbaru 
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh pemakai.
- Pengembangan dan Pemeliharaan 
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi hanya satu buah printer aja karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat. 
- Akses internet bersama-sama
Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana.
Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi


2. Jelaskan perbedaan LAN, MAN dan WAN
Jawab::
WAN (Wide Area Network)
WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak  yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah Negara dan benua. Pada WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut.
MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antarkantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa disambungakn dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km. Di dalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua kabel yang fungsinya untuk mengatur paket melalui kabel output.
LAN (Local Area Network)
LAN  adalah suatu jaringan komputer dimana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah kerja yang dekat (dalam satu lokasi), menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan yang tinggi.
Lingkup suatu LAN hanya meliputi suatu lokasi seperti gedung, pabrik atau kampus dan dimiliki oleh badan itu sendiri




3. Apa yang dimaksud dengan Protokol
Jawab::

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.



4. Sebutkan dan jelaskan komponen fisik pada LAN


LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :
Komponen LAN yang terdiri dari Personal Computer (PC)Network Interface Card (NIC), kabel, dan topologi jaringan.
- Personal Komputer (PC)
Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari
jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data
dalam jaringan dengan cepat. Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan
sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputerkomputer
lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan
mengelola operasional jaringan tersebut.

Network Interface Card (NIC)
Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau network card, yaitu ISA
dan PCI. Saat ini terdapat jenis network card yang banyak digunakan, yaitu PCI
Topologi Jaringan
adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannnya. Terdapat tiga macam topologi jaringan umum digunakan, yaitu Bus, Star dan Ring.

5. Sebutkan dan jelaskan software pada LANSistem Operasi Jaringan
Untuk mengelola suatu jaringan diperlukan adanya sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan dibedakan menjadi dua berdasarkan tipe jaringannnya, yaitu sistem operasi client-server dan sistem operasi jaringan peer to peer.
Protokol Jaringan Komputer
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.
Network Adapter Card
Setiap network card akan memiliki driver atau program yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi network adapter tersebut disesuaikan dengan lingkungan dimana network cardtersebut dipasang agar dapat digunakan untuk melakukan komunikasi data.


PPT FILE ::
>download this<

No comments:

Post a Comment